Minggu, 09 Mei 2010

PSEUDEO HYPNOTIS

EFEK :

Anda mengundang seorang dan seorang wanita untuk berpartisipasi dalam eksperimen ini. Atur agar pria berdiri berhadapan dengan wanita dan perintahkan sang pria untuk mengangkat sang wanita denagn menempatkan tangan di bawah lengan wanita itu.

Dia akan berhasil mengangkatnya. Lalu Anda mengayunkan tangan di depan wajah sang pria dan mengatakan padanaya bahwa di lain kesempatan ketika dia mengangkat wanita itu lagi, dia akan mengalami kesulitan. Pria itu mencoba mengangkat lagi dan hampir dipastikan, kali ini dia harus bejuang keras untuk bisa mengangkatnya.

Efek ini tampak seperti hypnosis, tetapi sebenarnya didasarkan pada prinsip mekanika. Ketika pertama kali pria mengangkat sang wanita, mintalah mereka untuk berdiri berdekatan sehingga tangan pria itu tertekuk ketika mengangkatnya. Setelah angkatan pertama, melangkahlah di antara mereka, berdiri di depan sang pria dan lakukan pseudo hypnosis Anda sebagai berikut :

Ayunkan tangan Anda di depan wajah sang pria dan berkata;

“Oke, tutup sejenak mata Anda.’’

“Sebentar lagi saya akan meminta Anda untuk mengangkat dia lagi. Dalam kesempatan selanjutnya, Anda akan merasa lebih sulit mengangkatnya.’’


Tepuk dahinya dengan jari telunjuk Anda dan katakan,

“Oke, sekarang buka mata Anda dan angkat dia lagi.’’

Inilah saat terpenting efek ini. Pelan-pelan bombing pasangan itu dalam posisi tertentu, dnegan jarak sang pria dan wanita dua kali lebih jauh dari sebelumnya.
Kali ini pria itu harus merentangkan tangannyalebih jauh untuk mengangkatnya. Selisih dua kali lebih panjang artinya dua kali lipat juga tenaga yang harus dikeluarkan. Jadi meskipun dia masih bias mengangkatnya, dia akan merasa lebih sulit. Kata-kata Anda agak samara-samar (“Anda akan merasa lebih sulit”) sehingga apakah dia bias mengangkatnya atau tidak, kedua hasil itu tetap valid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar