Sabtu, 22 Mei 2010

Menebak Kartu dengan Bahasa Nonverbal

Efek: menebak kartu pilihan orang yang diajak main dengan membaca tingkah lakunya.


Alat:
Sediakan : kartu keriting, kartu hati,dan kartu sekop bernomor As, 3, 5, 6, 7, 8, dan 9. Kartu 7 wajik.

Persiapan: untuk kartu selain kartu As, susunlah kartu dengan aturan lambang kartu yang berdiri paling dominan 9 (paling banyak). Contoh: kartu 8 keriting susun dengan bagian atas terdapat 5 tanda keriting yang berdiri (menghadap atas, kartu 6 sekop susun dengan bagian atas terdapat 4 tanda sekop berdiri  (menghadap atas), kartu 9 hati susun dengan bagian atas terdapat 5 tanda hati berdiri (menghadap atas), kartu yang lain dapat diteruskan sendiri.
Untuk kartu As keriting, hati, dan sekop susun dengan tanda keriting, hati, dan sekop menghadap atas.
Untuk kartu 7 wajik, susun dengan 5 tanda wajik untuk bagian atas dan 2 tanda wajik untuk bagian bawah.
Tumpuk semua kartu menjadi 1 tumpukan. Jumlah semua kartu adalah 22.

Prosedur:
1. Bawa kartu dalam tumpukan ersebut. Karena ini adalah street magic, lakukanlah permainan ini di luar panggung dan ajak main orang yang anda temui di jalanan.
2. Katakanlah “Saya mempunyai 22 kartu yang berbeda satu sama lain. Mengapa saya hanya bawa 22 kartu? Karena saya ingin menampilkan permainan kartu yang berbeda. Saya akan mencoba menebak kartu yang anda pilih dengan membaa tingkah laku anda. Untuk membaca tingkah laku anda, harus adanya saling percaya, dan rasa saling percaya biasanya timbul karena ada rasa persahabatan. Oleh karena itu, saya akan mengajak anda menjadi sahabat saya”
3. Kocok kartu (usahakan anda saja yang mengosok kartu).
4. Mintalah orang yang anda ajak main untuk memilih 1 kartu dan menuiskan nomor dan lambang kartu yang ia pilih ke dalam kertas (hal ini dimaksudjan agar ia tidak lupa kartu yang ia pilih).
5. Selama kartu ada di tangan orang yang anda ajak main, perhatikan selalu posisi kartu yang ada di tangan orang yang anda ajak main. Apabila posisi kartu di tangan orang yang ajak main tidak berubah, maka ubahlah posisi tumpukan kartu di tangan anda. Apabila posisi kartu pada tangan orang yang anda ajak main berubah, maka janganlah anda merubah posisi tumpukan kartu  ditangan anda.
6. Suruh orang yang anda ajak main memasukkan kembali kartu yang ia pilih ke dalam tumpukan kartu yang anda pegang kemudian kocoklah kartu yang anda pegang (usahakan anda saja yang mengocok kartu).
7. Bagikan satu persatu kartu ke atas meja dalam keadaan terbuka dan suruh orang yang anda ajak main untuk menjawab pertanyaan anda dengan kata “bukan” karena anda akan menebak kartu dengan membaca tingkah laku orang yang anda ajak main.
7. Tunjuk satu persatu kartu di atas meja dan tanyakan “Apakah ini adalah kartu anda?” Walaupun semua kartu dijawab bukan, anda pasti menemukan 1 kartu yang posisinya berbeda dengan posisi semula. Itulah kartu yang ia pilih. (untuk kartu keriting, hati, maupun sekop bernomor 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9, tanda yang dominan menghadap ke atas . Contoh: jika dalam hal ini anda menemukan kartu 5 hati dengan bagian atas terdapat 2 tanda hati menghadap ke atas dan 3 tanda hati menghadap ke bawah, berarti itulah kartu yang ia pilih karena posisi kartu 5 hati semula adalah 3 tanda hati menghadap ke atas (terdapat pada bagian atas) dan 2 tanda hati menghadap ke bawah (terdapat pada bagian bawah). Untuk kartu As, jika ditemukan tanda hati, sekop, maupun keriting menghadap ke bawah (posisinya terbalik), berarti itulah kertu yang ia pillih karena posisi kartu As semula tanda hati, keriting, maupun sekop menghadap ke atas (posisinya berdiri). Untuk kartu 7 wajik, jika 2 tanda wajik berada di bagian atas dan 5 tanda wajik berada di bagian bawah, berarti itulah kartu yang ia pilih , karena posisi kartu 7 wajik semula adalah5 tanda wajik di bagian atas dan 2 tanda wajik di bagian bawah).
8. Katakan ” Karena sekarang kita telah bersahabat, saya sudah tahu kartu yang anda pilih dengan membaca tingkkah laku anda walau dari tadi anda menjawab pertanyaan saya dengan kata bukan”.
9. Tunjukkan kartu yang ia pilih dengan cara menyingkirkan kartu yang lain dan sekarang hanya ada 1 kartu yaitu kartu yang ia pilih dan katakan “ini pasti kartu anda”.
10. Untuk penutup, katakan ” Anda cocok menjadi sahabat saya”.

Amanat : Semakin banyak sahabat kita, maka semakin banyak pula orang yang akan mengetahui keadaan kita dan keberadaan kita dan pastinya banyak juga orang yang akan membantu kita.
Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar