Senin, 04 Juni 2012

Membuat Pembukuan Sederhana dengan MS.Excel

Pembukuan menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dengan kata uang. Mengapa pembukuan itu penting? Karena ingatan kita terbatas, dan kita butuh sistem pencatatan yang sederhana dan mudah dipahami. Pembukuan yang sederhana belum tentu mudah dipahami, karena mungkin informasi yang disajikan justru tidak mencukupi. Nah, kali ini saya akan berbagi ilmu membuat pembukuan sederhana menggunakan Microsoft Excel dan Libre Office (Kelanjutan dari Open Office). Tidak ada bedanya dalam hal penggunakan rumus, dan keduanya juga kompatibel. Biasanya kita membuat pembukuan yang kolomnya antara lain : Nomor, Tanggal, Uraian, Debet, Kredit, dan Saldo. Pembukuan seperti ini hampir semua orang bisa membuatnya, namun yang ingin saya bagi disini adalah rumus atau fungsi pada kolom saldo. Banyak di antara kita yang masih menggunakan rumus manual, misal =F8+D9-E9. Dan setiap input transaksi harus merubah fungsi di kolom saldo.
Dengan menggunakan fungsi IF, OR, dan SUM, pekerjaan kita akan menjadi lebih ringan, dan tentu saja mengurangi kemungkinan kesalahan. Rumusnya adalah :

=IF(OR(D7>0,E7>0),SUM($D$5:D7)-SUM($E$5:E7),"")
 
Penjelasan :
1. Fungsi IF dan OR adalah untuk memberikan syarat jika kolom D7 dan E7 diisi angka (>1) maka fungsi SUM($D$5:D7)-SUM($E$5:E7) akan dijalankan, namun jika tidak hasilnya akan “”. Kenapa saya tidak menggunakan angka 0 (nol)? karena jika angka nol hasilnya tidak akan berupa cell kosong, bisa 0 atau -, padahal yang saya inginkan adalah cell kosong tanpa karakter.
2. fungsi SUM($D$5:D7)-SUM($E$5:E7) artinya jumlah dari cell pertama di kolom debet sampai cell tertentu dikurangi jumlah cell pertama di kolom kredit sampai cell tertentu.
Hasil akhirnya adalah seperti gambar di bawah ini :


Pembukuan Sederhana Ms Excel

Berikut saya sertakan file yang bisa anda download.
Pembukuan sederhana dengan Excel.xlsx
Pembukuan sederhana dengan Libre Office.ods
Semoga bermanfaat..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar